ANGELIUS WAKE KAKO,

Angelius Wake Kako, lahir di Woloora, Nangaba, Kecamatan Ende, kabupaten Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Pria yang akrab disapa Angelo duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) Katolik Woloara pada usia 5 tahun. Torehan prestasi berhasil diraih putera bungsu dari 9 bersaudara ini sejak kelas dua SD. Angelo selalu menempati rangking teratas hingga menamatkan pendidikan di bangku Sekolah Dasar pada tahun 2001.

Buah hati dari Bapak Aloysius Waka dan Ibu Katarina Seku ini sejak kecil telah dididik dengan jiwa pekerja keras. Saat mengenyam pendidikan di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Maumere, kabupaten Sikka, Angelo menyisahkan waktu sekolahnya dengan menjajakan koran (surat kabar), setiap petang sepulang sekolah.

Demi niat melanjutkan pendidikan ke jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Ende, Angelo bahkan rela berjibaku dengan waktu sekolah dan kesibukan harian sebagai kondektur angkutan kota. Jiwa muda pantang menyerah, terus terasah dalam diri putera kelahiran 22 Januari 1990 ini hingga akhirnya menamatkan pendidikan di bangku SMA.

Seiring waktu, sambil menekuni usaha ojek, tahun 2008 Angelo melamar menjadi Mahasiswa Universitas Flores (Unflor) Ende.Mengenal organisasi ekstra kampus, Angelo lalu memilih bergabung dengan Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Ende. Gairah usaha yang terus mencambuk dirinya sejak kecil, membuat Angelo mulai disiplin mengatur waktu. Rutinitas perkuliahan tidak membatasi aktivitasnya menjadi ‘tukang ojek’, kegiatan PMKRI, juga distributor barang-barang rohani dari Penerbit Nusa Indah Ende.

Mengambil jurusan Matematika di Unflor Ende, Angelo yang begitu aktif dengan aktivitas intra maupun ekstra kampus, akhirnya dipercayakan menjabat Ketua Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Matematika, lalu Ketua Presiden Mahasiswa (Presma) dan juga Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unflor Ende.

Usai dikukuhkan menjadi Sarjana muda tahun 2012, Angelo justru diberi kepercayaan menjadi Dosen muda Matematika di almamater yang telah membesarkannya, Unflor Ende. Persis pada situasi yang sama, Angelo juga memikul tanggungjawab sebagai Ketua Presidium PMKRI Cabang Ende. Setahun pengabdiannya menjadi Dosen muda dan Ketua Presidium PMKRI, menjadi spirit baru bagi Angelo untuk mengenyam pengalaman di Ibukota Negara (Jakarta) sebagai Pengurus Pusat PMKRI sejak 2 Januari 2014.

Ditengah kesibukan mengurus organisasi, Angelo mendaftarkan diri untuk melanjutkan pendidikan Pasca Sarjana di Universitas Indonesia (UI).

Di akhir kepengurusan sebagai Ketua Presidium Pengurus Pusat PMKRI, tak sedikit yang berdecak kagum; Angelo menggandeng Presiden Jokowi ke Palembang sebagai Presiden pertama yang membuka kegiatan ormas Katolik; Kongres dan Majelis Permusyawaratan Anggota (MPA) PMKRI se-Indonesia. Seiring tanggung jawab membesarkan organisasi, Angelo juga sukses menyelesaikan Studi Pasca Sarjana Ilmu Ketahanan Nasional, Universitas Indonesia (UI).

Angelo dan teman-temannya, mantan ketua umum di beberapa organisasi mahasiswa, mulai menekuni usaha dan kembali mendirikan Perusahaan yang bergerak di bidang General Kontraktor dengan nama PT Sahabat Semesta Sejati.

Kini Angelo menjadi Anggota DPD RI Periode 2019-2024 dengan perolehan suara 179.197

Anggota DPD RI
Pimpinan DPD RI
Kalendar
Pengumuman
Kabar Senator
Live Stream
How to Share With Just Friends

How to share with just friends.

Posted by Facebook on Friday, December 5, 2014
Jejak Pendapat
Terima kasih sudah voting