Badan Pengembangan Kapasitas Kelembagaan


Mempertimbangkan bahwa dorongan terhadap penataan terhadap sistem ketatanegaraan secara kelembagaan di MPR semakin diperlukan, dan di sisi lain kebutuhan akan penguatan kewenangan DPD kian mendesak, maka DPD membentuk Badan Pengembangan Kapasitas Kelembagaan (BPKK) sebagai alat kelengkapan baru.

Sebagaimana dalam Pasal 107 ayat (1) Peraturan Tata Tertib DPD, disebutkan bahwa BPKK merupakan alat kelengkapan DPD yang bersifat tetap berkenaan dengan pelaksanaan fungsi pengembangan kapasitas kelembagaan, termasuk kajian atas sistem ketatanegaraan dalam rangka mewujudkan lembaga perwakilan daerah yang mampu mengejawantahkan nilai-nilai demokrasi.

Selanjutnya Pasal 107 ayat (2) menjelaskan bahwa BPKK juga berfungsi memerankan tugas-tugas sebagai Kelompok Anggota MPR yang berasal dari seluruh Anggota DPD, yang mempersatukan dan mengorganisasikan segenap Anggota DPD dalam kapasitasnya sebagai Anggota MPR. Terkait pelaksanaan tugas tersebut, BPKK mengkoordinir segenap Anggota MPR yang berasal dari Anggota DPD.

Dalam pelaksanaan fungsi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 107 ayat (2) Peraturan Tata Tertib DPD, BPKK melakukan koordinasi dan sinkronisasi dengan Kelompok DPD untuk menjamin interkoneksi pelaksanaan tugas antara BPPK sebagai alat kelengkapan DPD dan Kelompok DPD sebagai pengelompokan Anggota MPR yang berasal dari seluruh Anggota DPD.

Berdasarkan Pasal 108 Tata Tertib DPD, BPKK memiliki tugas:

  1. Memantau implementasi peran parlemen dan lembaga-lembaga negara dalam sistem ketatanegaraan Indonesia.

  2. Menyelenggarakan forum-forum ilmiah dalam rangka pengkajian atas penerapan sistem parlemen dan sistem ketatanegaraan.

  3. Menyiapkan rekomendasi DPD dalam rangka penguatan parlemen dan sistem ketatanegaraan Indonesia.

  4. Menjalin hubungan kerja sama dengan lembaga-lembaga negara terkait lainnya dalam rangka sinkronisasi pelaksanaan tugasnya dan penguatan kapasitas kelembagaan.



Kalendar
Pengumuman
Kabar Senator
Live Stream
How to Share With Just Friends

How to share with just friends.

Posted by Facebook on Friday, December 5, 2014
Jejak Pendapat

Apakah anda tahu nama Anggota DPD yang mewakili provinsi dimana Anda tinggal sekarang?