x
LAK 2016

KATA PENGANTAR

Dengan memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa Sekretariat Jenderal DPD RI (Setjen DPD RI) telah dapat menyelesaikan Laporan Kinerja tahun 2016 tepat waktu. Laporan ini merupakan pertanggungjawaban Setjen DPD RI atas pelaksanaan tugas dan fungsi dalam menyelenggarakan dukungan kepada DPD RI. 

Laporan ini merupakan laporan tahun kedua dari Perencanaan Strategis Setjen DPD RI tahun 2015-2019 yang menyajikan target, realisasi dan capaian kinerja atas 14 sasaran strategis yaitu 1) Meningkatnya kualitas dukungan sidang/rapat/pertemuan DPD RI; 2) Meningkatnya kualitas draft keputusan/peraturan DPD; 3) Meningkatnya kualitas hasil penelitian/pengkajian; 4) Meningkatnya kualitas dukungan representasi melalui pengolahan aspirasi masyarakat dan daerah; 5) Meningkatnya kualitas dukungan materi terhadap penguatan kelembagaan DPD RI; 6) Terwujudnya SDM aparatur yang menduduki jabatan sesuai dengan standar kompetensi; 7) Terwujudnya kelembagaan yang tepat ukuran dan tepat fungsi; 8) Tersedianya sistem dan prosedur kerja yang efektif dan efisien; 9) Meningkatnya layanan perencanaan dan pengelolaan keuangan yang tertib dan akuntabel; 10) Meningkatnya layanan sistem informasi manajemen; 11) Meningkatnya layanan pemberitaan DPD RI; 12) Meningkatnya layanan perpustakaan DPD RI; 13) Meningkatnya pemenuhan sarana prasarana kerja yang modern dan sesuai dengan kebutuhan; 14) Meningkatnya pengawasan pelaksanaan kegiatan pada unit kerja Setjen DPD RI. 

Terdapat tiga fungsi utama kegiatan pengukuran akuntabilitas setjen DPD RI ini. Pertama, memperoleh deskripsi serta analisis mengenai kegagalan/keberhasilan atas kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Setjen DPD RI. Kedua, menjadi sistem peringatan atau alert warning system bagi Setjen DPD RI agar tidak keluar dari rel kebijakan yang telah ditentukan. Ketiga, merumuskan titik tolak atau milestone yang dapat digunakan oleh Setjen DPD RI dalam membuat strategi di masa mendatang. 

Dalam proses pengukuran akuntabilitas Setjen DPD RI ini, faktor pencapaian outcome menjadi perhatian utama. Dengan menekankan pada outcome, kinerja Setjen RI tidak hanya diukur dari telah ”menghasilkan apa”, namun juga telah ”bermanfaat apa”. Dengan cara seperti itulah Laporan Kinerja ini dapat semakin objektif dalam menggambarkan sisi akuntabilitas organisasi. Pengukuran akuntabilitas yang objektif dengan sendirinya akan merangsang perbaikan organisasi secara optimal. Laporan kinerja ini diharapkan dapat dijadikan sebagai pendorong bagi seluruh pej abat dan pegawai di lingkungan Setjen DPD RI untuk meningkatkan kinerja secara berkesinambungan dalam mewujudkan good governance dan clean government. 

Setjen DPD RI menyadari bahwa dalam melaksanakan tugas dan fungsinya masih menghadapi beberapa kendala dan tantangan. Namun dengan adanya dukungan dan kerjasama dari semua pihak, komitmen yang tinggi, serta kesungguhan dan kerja keras seluruh pejabat dan pegawai Setjen DPD RI, kendala dan tantangan tersebut perlahan-lahan dapat diatasi dengan baik.

Jakarta,  Februari 2017
Sekretaris Jenderal DPD RI,
Prof. Dr. SUDARSONO HARDJOSOEKARTO
 

Unduh File LAK 2016 Secara lengkap disini

 

Kembali
LIVE STREAM