x
Indonesia Darurat Narkoba

dpd.go.id

Jakarta -- Fahira dalam membuka RDPU mengatakan bahwa “Peredaran narkoba yang sangat masif, jelas menjadi ancaman tersendiri bagi generasi bangsa kita”. Hal ini disampaikan dalam RDPU membahas mengenai Narkotika yang diselenggarakan di Ruang Rapat Komite III, Komplek Parlemen Senayan, Selasa (29/8/2017). Fahira menambahkan berbagai pendekatan dilakukan oleh banyak pihak dalam upaya pemberantasan narkoba, dan salah satu pendekatan yang dapat dilakukan adalah melalui Undang-Undang.

Saat ini Indonesia telah memiliki UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dan Psikotropika, namun dalam implementasinya masih belum signifikan guna mengatasi masalah yang ada. Untuk itu dibutuhkan revisi terhadap UU tersebut, dalam rangka itu maka Komite III mengundang Granat dan GANN guna memperkaya materi mengenai narkoba, pencegahan, pemberantasan dan permasalahan yang lainnya.

Rika selaku Ketua Umum GANN mengatakan bahwa organisasi yang dia pimpin saat ini gencar berpartisipasi dan bekerjasama dengan banyak pihak dalam upaya memberantas narkoba di masyarakat kita. GANN bersedia turut serta dalam pembahasan revisi UU narkotika, karena dianggap sangat penting.

Sekjen DPP Granat Brigjen Pol (Purn) Drs. H. Ashar Soerjobroto, MSi mengatakan bahwa “Narkoba merupakan ancaman terhadap kelangsungan bangsa, karena peredaran gelap dan penyalahgunaan narkoba dalam hal ini Narkotika dan obat-obat berbahaya lainnya telah menyebar secara masif hingga ke seluruh pelosok negeri”. Kondisi Indonesia saat ini menurut Granat adalah Indonesia Darurat Narkoba, sehingga semoga kehadiran kita semua disini dapat memberikan materi atau bahan yang diperlukan guna merumuskan langkah-langkah yang taktis dan strategis dalam melakukan revisi terhadap UU Nomor 35 Tahun 2009.

Terkait Usulan DPP Granat terhadap Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dan Psikotropika, Ashar menyampaikan bahwa perlu untuk membuat Undang-Undang yang memisahkan antara Undang-Undang tentang Pemberantasan Tindak Pidana Narkotika dan Undang-Undang tentang Badan Narkotika Nasional (BNN) bahkan bila perlu mengenai peradilan Tindak Pidana Narkotika diatur dalam Undang-Undang tersendiri.

Menutup rapat, Fahira mengatakan semoga upaya pendekatan melalui Undang-Undang merupakan salah satu upaya menyelamatkan generasi bangsa dari bahaya Narkoba. (nis)

29 Agustus 2017
Kembali
LIVE STREAM