x
Tim Mediasi Akan Melakukan Tinjauan Lapangan Untuk Mengambil Arah Kebijakan

dpd.go.id

Jakarta, dpd.go.id – Tanggal 3 Mei 2017 perwakilan dari masyarakat Teluk Jambe Barat, Kabupaten Karawang, Jawa Barat diundang oleh Pimpinan DPD RI Nono Sampono Senator Maluku dengan pihak-pihak Kementerian terkait mengenai permasalahan sengketa tanah, sehingga diputuskan untuk segera dibentuk tim mediasi yang berisikan anggota dari Komite I DPD RI dengan perwakilan dari Kementrian Dalam Negeri, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Agraria dan Tata ruang. Tim mediasi bertugas mewakili Lembaga masing-masing untuk melakukan koordinasi dan mencari solusi yang efektif dan komprehensif guna mengefektifkan kerja.

Menindaklanjuti pertemuan tersebut, Komite I dipimpin Wakil Komite I DPD RI Benny Ramdhani kembali memfasilitasi rapat tim mediasi di ruang rapat Komite I. (08/05/2017)

Tim mediasi yang akan bekerja selama 2 bulan tersebut menganggap pentingnya peninjauan lokasi dalam kasus tanah di Teluk Jambe Barat, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

“peninjauan lokasi agar jelas, perlu Identifikasi KTP apakah benar masyarakat pernah menggarap disana, berapa luas garapannya, karena pertemuan rapat Tanggal 3 Mei 2017, kelompok tani tidak bisa menjelaskannya.” ujar Jaja dari Kementerian Agraria.

Di penghujung rapat tim mediasi, Benny menyampaikan bahwa Tim Mediasi perlu melakukan peninjauan lokasi ke Teluk Jambe Barat, Kabupaten Karawang, Jawa Barat untuk mendapatkan identifikasi KTP agar bisa membuktikan status kewarganegaraan, peninjauan lokasi area-area mana saja yang diklaim oleh masyarakat yang sudah mengarap sejak tahun 1962 agar bisa menentukan arah keputusan politik yang akan diambil oleh pemerintah dan Komite I. (idr)

08 Mei 2017
Kembali
LIVE STREAM