x
BAP Tindaklanjuti Permasalahan Keabsahan Ijazah STAIN Curup

dpd.go.id

Jakarta, dpd.go.id – Badan Akuntabilitas Publik (BAP) Dewan Perwakilan Daerah (DPD) kembali mengadakan RDP menindaklanjuti permasalahan pengakuan keabsahan Ijazah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Curup Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu yang dipimpin Andi Surya, Senator asal Lampung di Gedung B DPD RI, Senayan-Jakarta, Kamis siang (09/02/2017).

Nofi Haryanto, Alumni STAIN Curup menyebutkan bahwa Ijazah dan gelar akademik yang dimiliki tidak diakui pada saat akan melamar Tes CPNS di Kabupaten Rejang Lebong, dikarenakan gelar S.Pdi tidak terdapat dalam sistem perekrutan yang menggunakan sistem CAT. “Mohon kepada BAP agar memfasilitasi masalah ini,” harap Nofi.

Ahmad Kanedi Senator asal Bengkulu meminta agar permasalahan ini bisa diberikan solusi terbaik dan Alumni STAIN bisa memanfaatkan Ijazahnya dengan baik. Senada dengan Kanedi, Fahira Idris Senator Asal DKI Jakarta meminta pihak Kementerian Agama (Kemenag) harus ada sinkronisasi dengan pemerintah daerah bila ada aturan baru dari pusat. Bila Ijazah itu sudah sah maka bisa dikuatkan dengan surat keterangan.

Amsal Bakhtiar, Direktur Pendidikan Tinggi Islam Kemenag, menegaskan bahwa Ijazah Kelulusan Konsentrasi Bimbingan Konseling Prodi Pendidikan Agama Islam STAIN Curup Tahun 2008-2013 telah memenuhi ketentuan dan peraturan yang berlaku sehingga sah secara hukum. Dan untuk gelar Sarjana Pendidikan Islam (S.Pdi) dipersamakan dengan Ijazah Sarjana Pendidikan (S.Pd) seperti termaktub dalam Peraturan Menteri Agama Nomor 33 Tahun 2016 tentang Gelar Akademik.

Pimpinan Rapat menyimpulkan bahwa telah jelas Keabsahan Ijazah STAIN Curup, hal itu agar semua pihak yang berkepentingan memaklumi sebagaimana mestinya. Apabila mengalami kendala terkait gelar Ijazah tersebut maka diperkuat dengan Surat Keterangan dari STAIN Curup. (ank)

 

09 Februari 2017
Kembali
LIVE STREAM