x
Tutup Masa Sidang IV, Oesman Sapta Minta Anggota DPD Lebih Peka Terhadap Masalah Daerah

dpd.go.id

Jakarta, dpd.go.id – “Kami minta kepada anggota DPD RI agar lebih peka terhadap masalah di daerah khususnya pemberantasan kasus korupsi. Selanjutnya juga melakukan pengawasan terhadap harga kebutuhan pokok menjelang puasa, diharapkan tahun ini tidak ada fluktuasi kenaikan harga menjelang puasa. Serta pengawasan terhadap transportasi mudik lebaran.” Demikian Pidato Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, pada Penutupan Masa Sidang IV sebelum para senator melakukan kegiatan di daerah pemilihan.

 DPD RI menyelenggarakan Sidang Paripurna (Sipur) Ke-10 dengan agenda Laporan Pelaksanaan Tugas Alat Kelengkapan (Alkel) dan Pengesahan Keputusan DPD RI dan Pidato Penutupan Masa Sidang IV Tahun Sidang 2016-2017. Sidang Paripurna di pimpin Oesman Sapta Ketua DPD RI didampingi Nono Sampono dan Darmayanti Lubis, Wakil Ketua DPD RI di Gedung Nusantara V, Senayan-Jakarta, Senin, (08/05/2017).

Laporan alat kelengkapan diawali, Laporan Komite I yang telah melakukan rangkaian kegiatan legislasi dan pengawasan atas pelaksanaan undang-undang. Dalam hal legislasi ada dua RUU inisiatif yaitu penyusunan RUU tentang Etika Penyelenggara Negara, dan RUU tentang Penyelanggaraan Pemerintah di Wilayah Kepulauan. “Dalam hal pengawasan dilaksanakan pengawasan atas pelaksanaan Pilkada Serentak 2017. Dan Komite I meminta kepada Sidang Paripurna untuk mengesahkan Hasil Pengawasan DPD RI atas Pilkada Serentak Tahun 2017  menjadi Keputusan DPD RI,” seru Akhmad Muqowam, Ketua Komite I.

Selanjutnya, Komite III menyampaikan program prioritas yaitu pembahasan RUU tentang Sistem Pengupahan dan RUU tentang Ketahanan Keluarga. Pada sisi pengawasan, Komite III melakukan pengawasan terhadap Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja di Luar Negeri yang dimintakan pengesahan pada Sidang Paripurna.

Ajiep Padindang, Ketua Komite IV DPD RI melaporkan bahwa Komite  IV sedang melakukan pembahasan sebagai pelaksanaan fungsi legislasi yaitu membahas RUU tentang Pajak Penghasilan  (PPh) dan RUU tentang Pengelolaan Kekayaan Negara dan Daerah. Sedangkan kegiatan strategis yang dilakukakan dengan menyusun rekomendasi terhadap program rencana strategis pemerintah pada RAPBN 2018. Selain itu, Komite IV juga menyusun prioritas usulan daerah berupa usulan program dari provinsi-provinsi yang nantinya disampaikan kepada Bappenas.

Ketua Komite II DPD RI Parlindungan Purba menyampaikan bahwa Komite II sedang melakukan inventarisasi terhadap penyusunan RUU tentang Geologi dan RUU tentang Energi Terbarukan yang menjadi usul inisiatif Komite II. Selain itu juga Komite II sedang menyusun pandangan dan pendapat RUU tentang Pertembakauan. “Terkait pengaturan transportasi umum berbasis aplikasi online, Komite II meminta pemerintah untuk melakukan sosialisasi terkait pemberlakuan PMP Nomor 26 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek dan mendorong pemerintah daerah untuk berperan aktif dalam menetapkan tarif batas atas dan batas bawah bagi angkutan umum yang disesuaikan karakteristik daerah,” ujar Ketua Komite II.

Sidang Paripurna Sahkan keanggotaan Pansus

Sidang Paripurna mengesahkan keanggotaan Panitia Khusus (Pansus) Tenaga Kerja Asing yang terdiri dari 15 anggota. “Disampaikan kepada anggota pansus agar segera memilih pimpinan dan segera melakukan kerja pansus,” pinta Nono Sampono Wakil Ketua DPD RI.

Keanggotaan dan komposisi Pimpinan BK juga disahkan dalam Sipur. Anggota Panmus dari Provinsi Bengkulu Mohammad Saleh diganti dengan Ahmad Kanedi sedangkan bagi Provinsi NTB yang masih ada kekosongan agar mengisi keanggotaan tersebut,” pungkas Nono Sampono.

Sidang Paripurna ke-10 DPD RI menjadi Penutupan Masa Sidang IV Tahun 2016-2017. Selanjutnya anggota DPD RI melakukan kunjungan kerja ke daerah pemilihan masing-masing mulai tanggal 9 Mei s.d 4 Juni 2017 untuk menyerap dan menampung aspirasi masyarakat dan daerah. Sedangkan Tanggal 23 Mei 2017 akan diselenggarakan Sidang Paripurna Luar Biasa dengan agenda Penyampaian Laporan Hasil Pemeriksaan BPK RI. (ank)

08 Mei 2017
Kembali
LIVE STREAM