x
Tjahjo Kumolo: Calon Tunggal Dianggap Kurang Dalam Berdemokrasi

dpd.go.id

Jakarta, dpd.go.id – Ketua Komite I DPD RI, Ahmad Muqowam (Drs. H. Akhmad Muqowam Senator asal Provinsi Jawa Tengah) mengatakan Pemilihan Kepala Daerah secara keseluruhan berlangsung baik, meskipun masih terdapat sejumlah persoalan, diantaranya fenomena calon kepala daerah tunggal yang menunjukkan tren peningkatan di tahun 2017.

Lanjut Muqowam, masalah calon tunggal sudah dapat dijawab dengan Undang-Undang Pilkada yang baru, akan tetapi di lain tempat masalah pengawasan Pilkada harus didukung adanya regulasi baru. Di daerah masih banyak dijumpai permasalahan pada saat Pilkada. Muqowam, menyayangkan terjadinya peningkatan calon kepala daerah tunggal pada pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2017.

Menanggapi hal itu, Mendagri, Tjahjo Kumolo mengatakan “Kami sepakat dengan Komite I DPD RI bahwa seharusnya jangan sampai ada pasangan calon tunggal, karena itu dianggap kurang dalam berdemokrasi, meskipun ada dalam regulasi yang mengatur hal tersebut,” tandas Tjahjo Kumolo, dalam Rapat Kerja Komite I dengan Menteri Dalam Negeri Dibuka oleh Ketua Komite I DPD RI dengan agenda isu-isu strategis terkait rancangan undang-undang tentang penyelenggara pemerintahan dan permasalahan daerah lainnya, diruang rapat Komite I, Gedung B DPD RI, Komplek Parlemen Senayan, Jakarta (7/3/2017).

“Harusnya ada lawan, jangan hanya calon tunggal melawan kotak kosong, harus disepakati minimal ada 2 calon pasangan, agar demokrasi kita akan lebih baik apabila tidak ada kotak kosong,” pungkas Nono Sampono Senator Asal Maluku. Nono pun berharap agar kualitas demokrasi kedepan semakin baik, harusnya dalam Pilkada jangan sampai ada calon pasangan tunggal. (idr)

07 Maret 2017
Kembali
LIVE STREAM