x
Mewujudkan Efektifitas Birokrasi Melalui Reformasi Birokrasi

dpd.go.id

Jakarta. dpd.go.id- Efektifitas birokrasi ditentukan oleh keberhasilan pelaksanaan Reformasi Birokrasi, dan bicara tentang reformasi birokrasi maka ada dua poin penting yang perlu kita ketahui yaitu mengenai pengelolaan organisasi dan pengelolaan SDM. Hal tersebut disampaikan Satya Susanto Dirjen Harmonisasi Peraturan Perundang-undangan Kementerian Keuangan selaku narasumber dalam acara dialog Coffe Morning yang diselenggarakan oleh Biro Administrasi Setjen DPD RI di Gedung DPD Komplek Parlemen, Jakarta, Rabu (1/11).

Satya menambahkan bahwa reformasi birokrasi mengukur mengenai keberhasilan birokrasi dalam mencapai tujuan organisasi. Efektifitas pengelolaan organisasi dan pengelolaan SDM adalah hal yang sangat menentukan dalam pencapaian tujuan organisasi. Perubahan dalam berbagai hal penting dilakukan oleh organisasi terutama dalam empat hal, yaitu : (1) Karakteristik pegawai; (2) Karakteristik organisasi; (3) Karakteristik lingkungan; (4) Kebijakan dan praktek dari manajemen.

Yang dimaksud dengan perubahan karakteristik pegawai adalah merubah perilaku atau mind set, etos kerja dan budaya kerja pegawai. Karakteristik yang dibangun adalah integritas dan profesionalisme dengan mengedepankan perilaku jujur, bekerja dengan keras dan cerdas, bekerja ikhlas serta bekerja tuntas. Kemudian mengenai karakteristik organisasi, perlu dibuat struktur organisasi yang efektif sesuai dengan tujuan organisasi agar tidak ada irisan pekerjaan yang menyebabkan double pengerjaan dan juga dapat menimbulkan konflik internal. Selain itu sinergi antar berbagai unit kerja sangat penting tidak hanya sekedar kerjasama dan koordinasi. Hal penting dalam membangun sinergi yang perlu diterapkan adalah kejujuran dan saling menghormati.

Mengenai karakteristik lingkungan, Satya mengatakan sangat penting. Lingkungan dibagi menjadi dua, yaitu internal dan eksternal. Untuk itu setiap organisasi diharapkan memiliki values  yang telah ditetapkan karena values seperti antibodi, yang dapat menangkal para pegawai dari pengaruh lingkungan eksternal yang kurang mendukung kinerja. Perubahan dalam lingkungan internal organisasi penting dilakukan dan perlu komitmen dari pimpinan untuk memaksa seluruh pegawai untuk berubah. Perlu inovasi dan adaptasi terhadap perubahan agar tetap bisa survive, tetap dapat berkompetisi ditengah kondisi yang high competition, agar mendapatkan revenue yang lebih baik dan kepemimpinan yang berhasil.

Terakhir mengenai kebijakan dan praktek manajemen, adalah (1) bagaimana pemimpin memberikan contoh dan konsisten melakukan apa-apa yang sudah ditetapkan (leading by example) dan bagaimana manajemen atau pengelolaan organisasi dan (2) bagaimana SDM terbentuk dari values yang telah disepakati dan ditetapkan, karena values-lah yang akan merubah perilaku pegawai sehingga penting values menginternalisasi dalam diri dan diterjemahkan dalam perilaku para pegawai. (nis)

 

01 November 2017
Kembali
LIVE STREAM