Warning: session_start(): Trying to destroy uninitialized session in /var/www/html/sisip/class.sesi.php on line 19 Warning: session_start(): Failed to decode session object. Session has been destroyed in /var/www/html/sisip/class.sesi.php on line 19 DPD RI
x
DPD RI harapkan perbaikan persiapan mudik 2017 dari pemerintah

dpd.go.id

Jakarta, dpd.go.id – Ketua Komite II DPD RI, Parlindungan Purba masih menyayangkan program Zero Accident tahun 2008 dari pemerintah yang belum menunjukkan hasil memuaskan. Hal ini diungkapkannya melalui Rapat Dengar Pendapat (RDP) Kementerian Perhubungan dan Kementrian PU dan Perumahan Rakyat (Kementrian PUPR) dan Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) membahas Pengawasan DPD RI atas Pelaksanaan UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Jalan serta Membahas Persiapan Arus Mudik dan Arus Balik Pada Hari Raya Idul Fitri Tahun 2017 di Ruang Komite II, Lantai 3 Gedung B DPD RI, Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, pada hari Selasa, 13 Juni 2017.

“Angka kecelakaan setiap tahun makin meningkat dan perlu dipersiapkan infrastruktur dan program pemerintah dalam menghadapi arus mudik lebaran 2017, agar kejadian di tol Brexit (Exit Tol Brebes) pada mudik tahun lalu tidak terjadi lagi”, jelas Senator asal Sumatera Utara tersebut

Selain itu Lalu Suhaimi Ismi menjelaskan agar pilot yang menerbangkan pesawat benar-benar yang bertanggung jawab dan tahu SOP karena angka kematian transportasi udara tinggi jika terjadi bencana. Terkait harga angkutan moda udara, perlu adanya regulasi yang pasti, sehingga diharapkan lebih transparan.

Dalam kesempatan tersebut Herry Trisaputra Zuna, Kepala BPJT telah membangun 4 flyover di Brexit dan juga telah memberikan jalur fungsional Trans Jawa Brebes Timur – Weleri sepanjang 110 KM dan Rute Semarang – Surabaya sejauh 227 Km.

“Diprediksi puncak mudik tahun ini diperkirakan H-2 dan H-1 Lebaran, persiapan lainnya adalah penyiapan ambulan dan penyiapan bahan bakar dari Pertamina serta ada alat mengidentifikasi jumlah kendaraan dan cctv yang bisa diupdate. Intinya persiapan insyaallah lebih baik dan semoga H-10 semua jalur fungsional akan bisa digunakan. Peranan jalan lintas Utara dan Selatan yang bersandingan dengan tol. Tersedia pula jalur alternatif. Serta juga disiapkan Sapta Taruna Bina Marga  serta posko mudik untuk antisipasi bencana dan keadaan darurat pada jalur mudik”, papar Herry Zuna.

Selain itu Dirjen Perhubungan Darat, Pudji Hartanto Iskandar juga menjelaskan tentang kesiapan mudik lebaran tahun 2017. Jumlah sarana untuk mudik tahun 2017 ada penambahan 2.312 bus, kapal roro ditambahkan 5 kapal (2 kapal dipersiapkan dipersiapkan untuk jarak jauh), kapal antar pulau ditambahkan 5 kapal, pesawat ditambahkan 6 pesawat dan penambahan lokomotif ada 38 buah.

“Strategi pelaksanaan mudik tahun ini kami telah melakukan koordinasi intensif, ramp check, mudik gratis, dan posko mudik. Adanya inovasi ambulan sepeda motor ambulans masuk tol untuk keadaan darurat dan membawa air putih dan beberapa disiapkan montir di posko mudik. Pengalihan arus untuk truk dan bus besar nanti diarahkan ke Brebes Barat”, papar Pudji Hartanto Iskandar

Diakhir rapat Parlindungan Purba menghimbau agar pemerataan infrastruktur agar tidak tersentral di Pulau Jawa saja. Dan menghimbau agar Kementrian Perhubungan dan Kementrian PUPR diharapkan berkoordinasi dengan DPD RI terutama tentang masalah yang terjadi di daerah. (ast)

13 Juni 2017
Kembali
LIVE STREAM