x
Ketua DPD RI Pantau Gladi Bersih Sidang Bersama DPR-DPD

Ketua DPD RI Irman Gusman memantau kesiapan pelaksanaan Sidang Bersama DPR-DPD RI di Gedung Nusantara, Kamis (15/6).  Sidang bersama (joint session) antara Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan DPD diselenggarakan bergantian oleh DPR atau DPD. Jika tahun lalu DPR menjadi tuan rumah pelaksanaan sidang bersama, maka besok, Jumat, 16 Agustus 2013, DPD untuk kedua kalinya menjadi tuan rumah, setelah yang kesatu kalinya tahun 2011.

Seluruh pendukung dan pengisi acara telah hadir dan bersiap untuk melakukan gladi bersih sejak pukul 14.00 WIB. Irman hadir untuk memberikan pengarahan kepada seluruh pendukung acara. Tampak hadir pula Wakil Ketua DPD RI, GKR. Hemas dan Ketua DPR RI, Marzuki Ali.

Irman berharap para pendukung acara dapat mempersiapkan diri dengan baik agar dapat mempersembahkan yang terbaik pada esok hari. “Saya berharap pelaksanaan sidang bersama dapat berlangsung dengan baik dan lancar. Sebagai tuan rumah, saya mengharapkan dukungan semua pihak, khususnya Presiden dan Wakil Presiden, serta pimpinan DPR dan juga peran aktif dari seluruh pimpinan dan anggota DPD RI.

Sementara itu, Plt. Sesjen DPD RI, Djamhur Hidayat mengatakan Kesetjenan DPD RI mempersiapkan segala sesuatunya dengan sebaik-baiknya agar sidang bersama tahun ini dapat berlangsung lancar dan sukses.

Presiden SBY dijadwalkan menyampaikan Pidato Kenegaraan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-68 Kemerdekaan Republik Indonesia di Gedung Nusantara pada pukul 09.00 WIB atau 1 jam lebih awal dari pelaksanaan sidang bersama pada tahun lalu. Hal ini karena sidang jatuh pada hari Jumat, maka sidang dilakukan 1 jam lebih awal agar dapat selesai sebelum pelaksanaan Sholat Jumat.

Sidang bersama akan dihadiri oleh seluruh anggota DPR RI, anggota DPD RI,jajaran Kabinet Indonesia Bersatu II, Para Dutabesar Negara sahabat, dan  1500 teladan dari 10 kategori antara lain; tenaga pendidik, tenaga medis penyuluh, pencinta alam dan pemuda sarjana penggerak pembangunan pedesaan berprestasi. Selain itu akan hadir pula diantara para teladan yaitu Perwakilan Diaspora Indonesia, Senator Cilik, Reporter RRI Perbatasan Terbaik dan Parlemen Remaja.

Para teladan yang akan mewakili untuk menyaksikan langsung jalannya sidang bersama sebanyak 68 orang dan selebihnya akan menyaksikan melalui layar lebar yang dipasang di Gedung Nusantara III DPR dan lobby Nusantara V. Hal ini mengingat keterbatasan kapasitas balkon dan gedung yang sudah tua.

Pendukung acara lainnya, yakni Gita  Bahana Nusantara dan Korps Musik dan Orkes Sinten Remen telah siap untuk mempersembahkan lagu-lagu Nasional dan lagu-lagu daerah untuk kegiatan sidang bersama. Orkes Sinten Kremen yang baru terlibat pada tahun ini, akan membawakan 3 lagu daerah yakni Janger (Bali), O Nina Noi (NTT) dan Bekatak Kurak Karik (Bengkulu).

Setelah Pidato Kenegaraan, dijadwalkan pukul 14.00 acara akan dilanjutkan dengan Pidato Ketua DPR RI dalam rangka Pembukaan Masa Sidang I Tahun Sidang 2013-2014 dan Pidato Presiden RI dalam rangka Penyampaian RUU APBN Tahun Anggaran 2014.

Malamnya, Ketua DPD RI akan menyampaikan Pidato dalam rangka Pembukaan Masa Sidang I Tahun Sidang 2013-2014 di Gedung Nusantara V Komplek MPR/DPR RI, dijadwalkan berlangsung pukul 19.00 WIB.

 

15 Agustus 2013
Kembali
LIVE STREAM