x
Ketua DPD Memberikan Bantuan Bencana Alam di Manado dan Minahasa

Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Irman Gusman memberikan bantuan untuk korban bencana alam di Sulawesi Utara, berupa uang dan barang yang totalnya bernilai Rp 150 juta. Ia menyerahkannya ketika mengunjungi lokasi banjir dan longsor di Kota Manado dan Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara, Kamis (21/2).

Irman menjelaskan, bantuan bernilai Rp100 juta berupa uang tunai, Rp 25 juta berupa barang sembako, dan 25 juta sisanya berupa uang tunai perbaikan rumah ibadah.

Bantuan uang tunai Rp 100 juta dan barang sembako diserahkannya kepada  Pemerintah Kota Manado yang diterima oleh Walikota Manado, Vecky Lumentut. Rp 25 juta lainnya, masing-masing Rp 5 juta, diserahkannya kepada pengelola tiga gereja serta Rp 10 juta diserahkannya kepada pengelola masjid, disaksikan oleh Walikota Manado.

Penyerahan seluruh bantuan disaksikan oleh Kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulawesi Utara Hoyke Makarawung dan beberapa pejabat lainnya.

Irman mengatakan, bantuan DPD tersebut merupakan kepedulian lembaganya kepada penderitaan korban bencana alam di daerah, khususnya Sulawesi Utara. “Anggota DPD adalah representasi daerah. Tugasnya menjembatani komuniasi antara daerah dan pusat,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, ia mengunjungi pengungsi koban banjir di Kelurahan Dendengan, Kota Manado, dan lokasi banjir di Kelurahan Komo, luar Kota Manado, serta lokasi longsor di Desa Winangun, Kabupaten Minahasa.

Bantuan barang sembako diserahkan Irman di Posko BPBD Kota Manado, di area Terminal Paal Dua.

Usai mengunjungi lokasi, Irman menilai, banjir dan longsor di Kota Manado dan Kabupaten Minahasa sangat mungkin terjadi akibat pengembangan daerah yang kurang memperhatikan aspek lingkungan. Ia mengingatkan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, Pemerintah Kota Manado, dan Pemerintah Kabupaten Minahasa untuk lebih memperhatikan tata ruang serta analisis mengenai dampak lingkungan (amdal) ketika menyelenggarakan pembangun fisik.

21 Februari 2013
Kembali
LIVE STREAM