Warning: session_start(): Trying to destroy uninitialized session in /var/www/html/sisip/class.sesi.php on line 19 Warning: session_start(): Failed to decode session object. Session has been destroyed in /var/www/html/sisip/class.sesi.php on line 19 DPD RI
x
KERJASAMA UNTUK MENCIPTAKAN DEMOKRASI YANG LEBIH BAIK

Sebagai negara demokrasi terbesar didunia diharapkan Amerika dapat bekerjasama dengan Indonesia untuk menciptakan demokrasi di Indonesia yang lebih baik, bertanggung jawab, dan tentunya bertujuan untuk kemakmuran dan kesejahteraan rakyat Indonesia. Demikian disampaikan Ketua DPD, Irman Gusman ketika bertemu Wakil Ketua Duta Besar Amerika, Mr. Ted Osius di Lantai 8, Gedung Nusantara III, Komplek Parlemen Senayan Jakarta, Rabu (17/02).

Dalam pertemuan itu Irman juga mengungkapkan bahwa DPD berharap agar hubungan ekonomi Indonesia dan Amerika Serikat dapat semakin ditingkatkan lagi, mengingat Indonesia dan AS mempunyai keunggulan-keunggulan ekonominya masing-masing, dengan adanya potensi-potensi ekonomi dari masing-masing negara dapat kerjasama yang lebih luas dapat dikembangkan.

Di tingkat akar rumput, DPD memandang perlu adanya pemahaman terhadap pihak lain. Tantangan ini terkait dengan people to people contant. Karena walaupun banyak orang Indonesia datang ke Amerika atau sebaliknya yang tidak bisa digolongkan kecil, banyak sekali pemahaman yang tidak pas antara Amerika terhadap Indonesia, dan sebaliknya. Oleh karena itu, hubungan Indonesia-Amerika masih perlu diperkuat dengan people to people contant. Pada saat ini kita sudah dapat membangun pemahaman yang tepat mengenai negara lain, maka apapun yang akan terjadi akan lebih mudah dalam menyelesaikan masalah dengan rekan kita itu. Tetapi kalau pemahaman itu sendiri sudah salah, itu akan membuat penyelesaian masalah akan menjadi lebih sulit.

Menurut Irman, DPD juga sangat berharap agar pada masa pemerintahan Barack Obama, hubungan Indonesia dan Amerika Serikat bisa lebih diarahkan pada “kemitraan komprehensif” (comprehensif partnership). Potensi kemitraan strategis Indonesia dan Amerika Serikat tentu meliputi beberapa aspek strategis, seperti, ekonomi dan perdagangan, alih teknologi, pendidikan, kesehatan, energi, climate change, entrepreneurship, dan politik.

Mengenai rencana kunjungan Presiden Amerika Serikat ke Indonesia, DPD berharap kunjungan Presiden Obama ke Indonesia dapat membawa dampak positif bagi hubungan Islam dan barat terutama dalam meningkatkan rasa saling percaya. Oleh karena itu, DPD sangat mengharapkan Presiden Obama dapat memberikan penjelasan tentang kebijakan dan langkah kongkrit yang telah ditempuh pemerintahannya dalam upaya memperbaiki hubungan dengan dunia Islam, termasuk yang dihadapi.

DPD juga berharap pemerintahan AS dapat membantu Indonesia dalam meningkatkan kemampuannya dalam menghadapi masalah di regional dan internasional, termasuk masalah terorisme seperti penangkapan terhadap para pelaku teror dan pencegahan terjadinya tindakan teror.

DPD berharap bahwa AS di bawah kepemimpinan Obama dapat memberikan citra positif bagi negeri Paman Sam tersebut dan mempererat hubungan AS dengan mitra-mitranya, termasuk Indonesia. Dalam bidang sosial budaya, Amerika merupakan partner utama Indonesia di bidang pendidikan. Oleh karena itu DPD berharap, Amerika Serikat dapat memperluas kerja sama dalam sektor pendidikan, misalnya melalui pemberian beasiswa dan pertukaran pelajar antar kedua negara.

17 Februari 2010
Kembali
LIVE STREAM