x
DPD RI TINJAU TPS DI HARI PENCOBLOSAN PILKADA SUMUT

MEDAN, dpd.go.id - DPD RI melakukan peninjauan ke beberapa TPS di Sumatera Utara sebagai tindak lanjut pengawalan pelaksanaan Pilkada serentak. Wakil Ketua DPD RI Darmayanti Lubis bersama Senator Provinsi Sumatera Utara Rizal Sirait mengunjungi beberapa TPS untuk memantau pelaksanaan pemilihan kepala daerah di provinsi Sumut.

Saat kunjungannya ke TPS 013 Kelurahan Medan Estate, Deli Serdang dan TPS 001 Kelurahan Bantan, Medan hari Rabu (27/6), Wakil Ketua DPD RI Darmayanti Lubis tidak menemui permasalahan yang berarti. Pelaksanaan pencoblosan di kedua TPS tersebut relatif berjalan lancar. Dirinya berharap agar antusiasme masyarakat untuk datang ke TPS sangat tinggi, dimana masyarakat untuk dapat menggunakan hak suara untuk memilih kepala daerah mereka.

Meskipun begitu, saat berbicara dengan masyarakat, Darmayanti Lubis masih menemui beberapa warga yang belum mendapat formulir C6, meskipun sudah tinggal lama di daerah itu. 

“Pendataan sampai tadi malam masih banyak yang belum menerima C6. Meskipun jam 12 dapat datang dengan membawa e-KTP, tetapi masalahnya belum tentu semua masyarakat paham. Yang saya dengar sosialisasi juga kurang banyak. Masyarakat berpikir kalau tidak ada panggilan apa pula kami datang,” kata Darmayanti Lubis yang juga Senator dari Sumatera Utara ini.

Selain itu, untuk daerah yang memiliki calon tunggal, seperti Kabupaten Deli Serdang, Darmayanti Lubis juga berpendapat mengenai pentingnya sosialisasi kepada masyarakat terhadap pelaksanaan pencoblosan yang hanya terdapat calon tunggal dan pilihan kotak kosong atau tanpa gambar di sebelah kartu suara. Menurutnya banyak masyarakat yang belum mengetahui soal mekanisme pilkada dengan calon tunggal, terutama mengenai hasil perolehan suara dari pasangan calon tunggal dengan kotak kosong. 

“Disini (Deli Serdang), bupatinya hanya melawan kotak kosong. Kira-kira masyarakat paham ga soal itu,” imbuhnya.

Sementara itu, Senator Rizal Sirait yang menijau ke beberapa TPS di Kota Medan, salah satunya adalah TPS 29 kelurahan Harjosari 1 Kota Medan, berpendapat bahwa partisipasi masyarakat belum terlihat. Terbukti dari minimnya DPT yang sudah mencoblos. Meskipun terdapat kemungkinan pemilih baru datang ke TPS setelah pukul 10.00 WIB.

Rizal Sirait juga menilai pelaksanaan pencoblosan berjalan lancar, aman, dan kondusif. Keberadaan pihak keamanan dan kepolisian di setiap TPS dapat mencegah adanya gangguan-gangguan saat pencoblosan.

“Saya harap pilkada di Sumut dapat berjalan baik. Petugas TPS dan aparat keamanan dapat bekerja secara proporsional, pencoblosan berjalan lancar, damai dan aman,” ucap Rizal yang tergabung dalam Komite I DPD RI.
[15:17, 6/27/2018] +62 821-1208-6661: SIARAN PERS
BAGIAN PEMBERITAAN
DAN MEDIA
SETJEN DPD RI
TELP/FAX: 021-57897323

DPD RI Tinjau TPS di Kota Ambon

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah RI Nono Sampono meninjau tujuh Tempat Pemungutan Suara (TPS) di sejumlah wilayah di kota Ambon, untuk melakukan pengawasan pilkada serentak, Rabu (27/6). Hasil temuan DPD RI yaitu partisipasi pemilih di tiap TPS berkisar 63-67% dari Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Nono mengungkapkan bahwa ada beberapa faktor warga tidak melakukan pencoblosan, diantaranya adalah ada warga yang belum mendapat undangan, munculnya pemilih baru, kendala pekerjaan maupun pilihan pribadi. "Orang Maluku kalau tidak mendapat undangan akan kecewa, ada juga karena pemilih baru dan faktor cuaca karena hujan dari pagi", urai senator dari provinsi Maluku tersebut.

Menurut Nono, masalah partisipasi ini harus dievaluasi oleh berbagai pihak agar bisa lebih meningkat untuk kedepannya. "Kita sama-sama wajib memberikan pemahaman partisipasi politik, karena akan menentukan proses demokrasi untuk hasil yang baik. Partisipasi nanti bisa jadi acuan tahun depan, kita akan mengingatkan KPU agar jangan terulang kembali, untuk diperbaiki dan dibenahi," kata Nono.

Nono berharap pilkada Maluku berjalan dengan baik, jujur, dan tidak ada kecurangan-kecurangan yang terjadi. "Kita berharap jangan sampai ada yang tidak menerima kekalahan, jadi betul-betul ini pilihan warga," ujar Nono.

Hari ini Provinsi Maluku melangsungkan pilkada serentak untuk pemilihan gubernur-wagub Maluku, Bupati-Wabup Kabupaten Maluku Tenggara dan Walikota-Wakil Walikota Kota Tual.*int
 

LAMPIRAN
  • 27 Juni 2018
    Kembali
    LIVE STREAM