x
Komite II DPD RI Tinjau Pembangunan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda.

Balikpapan - Aji Mirza Wakil Ketua Komite II Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI bersama anggota DPD lainnya tinjau progres pembangunan jalan tol Balikpapan-Samarinda. Tol sepanjang 99.02 km yang menghubungkan kedua kota tersebut diperkirakan memakan biaya 6 Triliun rupiah dengan skema pembiayaan APBN, APBD dan Investor. Balikpapan(12/2).

Aji Mirza dan senator lainnya menanyakan sejumlah pertanyaan mulai persoalan pembebasan lahan, skema pembiayaan dan progres pembangunan tol tersebut.

"Satu-satunya jalan tol yang dibiayai oleh APBD belum ada daerah lain membangun tol dengan pola pembiayaan seperti ini," terang Senator Kaltim tersebut.

Tol Balikpapan-Samarinda dibangun dalam 5 Seksi, Seksi I sepanjang 22,03 kilometer dari Balikpapan Km 13-Samboja, Seksi II 30,98 kilometer dari Samboja-Muara Jawa, dan Seksi III 17,3 kilometer dari Muara Jawa-Plaran.
Kemudian Seksi IV sepanjang 17,95 kilometer dari Palaran-Samarinda dan terakhir Seksi V sepanjang 11,09 kilometer.

Proses konstruksi jalan tol ini dilakukan oleh tiga pihak yakni Seksi I dan Seksi V dibiayai oleh Pemerintah Pusat dan Daerah, sementara Seksi II, III dan IV dikerjakan oleh investor PT Jasamarga Balikpapan Samarinda.

Anggota DPD yang turut meninjau pembangunan jalan tol Balikpapan-Samarinda ini diantaranya Aji M. Mirza Wardana Wakil Ketua Komite II, Anna Latuconsina Wakil Ketua Komite II, Tellie Gozelie, Djasarmen Purba, Dailami Firdaus, Afnan Hadikusumo, Ahmad Nawardi, Abdul Aziz Qahar Mudzakkar, Lalu Suhaimi Ismy, Rubaeti Erlita, Permana Sari, Habib Abdurrahman Bahasyim, Mamberob Y Rumakiek, Marthen, Matheus Stevi Pasemanjeku, Habib Ali Alwi, A. Syaifulloh Malonda.(mas)

13 Februari 2017
Kembali
LIVE STREAM