x
MUQOWAM MASIH TEMUI MASALAH SAAT PILKADA

SEMARANG, dpd.go.id - Hasil data pemilih dalam pilkada serentak masih terdapat data invalid di Desa Reksosari, Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Komite I DPDRI, Akhmad Muqowam, saat melakukan pengawasan Pilkada Serentak bersama Lurah Reksosari Agus Muwazir Tontowi
dan Pantia Pemungutan Suara (PPS) Reksosari di Kantor Desa Reksosari, pada hari rabu (27/6).

Menurutnya, masih ada data pemilih invalid sebanyak 81 suara, dari 4183 total suara di reksosari.

"Dari data PPS yang saya baca itu ada 81 data pemilih yang masih invalid, karena nik tidak sesuai, nama dan keterangan di identitas yang tidak sesuai," terangnya.

Hal tersebut diamini oleh Bagian Pengolahan Data PPS Reksosari, Asna Risanti yang memang mengolah data pemilih di Desa Reksosari. Hal tersebut terjadi karena revisi data pemilih yang diperbaharui melalui Sistem Informasi Data Pemilih (SIDALIH) tidak semuanya bisa terkoreksi dengan baik.

"Jadi setelah data pemilih diperbaharui di SIDALIH, ada beberap data yang tidak berubah kemudian malah menjadi data ganda. Menurut catatan kami ada 81 data pemilih yang invalid, dan 10  data pemilih ganda hingga pilkada berlangsung pada 10 TPS di Reksosari. Tentu ini akan menjadi laporan dan cataatan penting untuk pilkada selanjutnya," terang Asna.

Asna menambahkan dirinya memerlukan waktu sekitar  7 bulan dirinya melaksanakan tugas, 80% permasalahan adalah di data pemilih.

Sementara itu Ketua PPS Reksosari Edi Sumarno mengatakan sosialisasi alat peraga kampanye belum efektif. Karena masih banyak warga yang bingung calon pimpinan daerah yang akan dipilih, dikarenakan berusia senja  berusia senja atau karena bekerja di luar kota dan kembali ke daerah pemilihan hanya untuk memilih. 

Muqowam berharap agar SIDALIH bukan hanya menjadi dalih untuk membenarkan data pemilih tapi juga valid dan bisa dipertanggungjawabkan.

"Kedepan saya ingin SIDALIH ini bisa diperbaharui sehingga ketika di revisi datanya langsung benar dan tidak terjadi data invalid data pemilih ganda yang justru muncul setelah direvisi. (Adn)

LAMPIRAN
  • 27 Juni 2018
    Kembali
    LIVE STREAM