x
Siska Marleni, S.E., M.Si.

dpd.go.id Total Suara : 221444

Wanita kelahiran Cirebon, 23 Maret 1974 silam ini terpilih menjadi Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan dengan perolehan suara sebanyak 221.444 suara.

Siska panggilan akrabnya memilih untuk terjun ke dunia politik setelah melihat sepak terjang suaminya yang juga merupakan politisi Sumatera Selatan. Ia mengenal Kota Pempek ketika menempuh S2 di Universitas Sriwijaya dan menikah dengan pria asli Bumi Sriwijaya, dimana sebelumnya menempuh pendidikan SD hingga SMA di Lampung dan Strata Pertamanya di Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Ibu dari tiga orang putra dan seorang putri ini mengaku jatuh hati dengan kearifan lokal masyarakat Sumatera Selatan, kejayaan maritim di masa lampau, dan warisan budayanya seperti Seni Tari dan Seni Tenun. "Dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung" adalah filosofi yang Ia pegang teguh saat mencalonkan diri menjadi Anggota DPD RI Daerah Pemilihan Sumatera Selatan walaupun dirinya bukan putri daerah.

Bagi Senator asal Sumatera Selatan ini, Ilmu Ekonomi bersifat aplikatif sehingga dapat diaplikasikan dimana saja dan oleh siapa saja selama memiliki orientasi mengembangkan roda Ekonomi untuk Pembangunan Negara.  Dipahami olehnya, bahwa esensi berpolitik adalah untuk memahami keinginan rakyat. Dari pemahaman tersebut Akademisi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Rahmaniyah Sekayu ini berpendapat, "Saya yakin dengan mengombinasikan Ilmu Ekonomi dan Political Marketing seperti halnya Tema Penelitian S2 saya, disiplin ilmu tersebut mempengaruhi cara pandang saya tentang kepribadian merk (Brand Personality) dan Sales Promotion dalam membentuk ekuitas merk (Brand Equity). Hal inilah kiranya menurut saya yang membuat masyarakat menjatuhkan pilihannya kepada saya untuk menjadi wakil mereka di DPD RI."

Setelah setahun Ia menjalankan tugas sebagai Anggota Komite IV DPD RI, semakin memperkuat komitmennya demi berjuang mewujudkan kesejahteraan dan memberikan kemaslahatan daerah Sumatera Selatan khususnya dan NKRI pada umumnya. Selain itu sebagai Anggota Badan Akuntabilitas Publik (BAP) DPD RI yang fokus dalam menjalankan fungsi tindaklanjut Hasil Pemeriksaan BPK yang mengindikasikan adanya kerugian negara, wanita berzodiak Aries ini juga membuka ruang seluas-luasnya terhadap Aspirasi (Pengaduan) dari masyarakat sebagai bentuk kehadiran dirinya sebagai individu sekaligus atas nama lembaga.

"Agar masyarakat lebih merasakan peran lembaga DPD RI, maka menjadi keharusan bagi Anggota dengan frekuensi kehadirannya di tengah masyarakat untuk menyerap, menyampaikan, dan menyelesaikan Aspirasi yang diamanahkan masyarakat," Ujar Senator yang memiliki hobi Traveling, Memasak, dan Bernyanyi ini.

12 Oktober 2014
Kembali
LIVE STREAM