Warning: session_start(): Trying to destroy uninitialized session in /var/www/html/sisip/class.sesi.php on line 19 Warning: session_start(): Failed to decode session object. Session has been destroyed in /var/www/html/sisip/class.sesi.php on line 19 DPD RI
x
Hj. Denty Eka Widi Pratiwi, S.E., M.H.

dpd.go.id Total Suara : 1901163

Senator kelahiran Tumanggung, 4 Juli 1975 ini merupakan incumbent yang kembali terpilih menjadi Anggota DPD RI asal Provinsi Jawa Tengah. Mengantongi 1.901.163 suara, Denty lolos ke Senayan bersama Sulistyo, Bambang Sadono dan Achmad Muqowam.

''Selama 10 tahun terakhir ini, DPD sebagai lembaga legislasi selain DPR masih belum optimal dalam menjalankan fungsi tersebut,'' Kata Denty. Menurutnya, DPR sebagai lembaga legislasi juga belum optimal mengajak DPD untuk menjalankan proses legislasi, bahkan terkesan menghindarinya.

''Porsi kita dalam fungsi legislasi masih belum banyak karena dalam undang-undang kita sebagai DPD hanya bisa diajak oleh DPR pada tahap pembicaran pertama,'' imbuh Denty,

Karena itu, untuk DPD periode ini secara kelembagaan mendorong untuk amendemen kelima UUD 1945. Amandemen itu dimaksudkan untuk penguatan kelembagaan DPD sebagai lembaga legislasi.Walaupun, imbuhnya, Indonesia tidak menerapkan sistem bikameral atau dua kamar dalam sistem parlemennya.

''Masih banyak masayarakat belum tahu peran DPD itu seperti apa. Ketika kita merancang perubahan undang-undang, orang pikir itu hasilnya DPR yang dipenuhi wajah-wajah parpol,'' cetusnya. Dengan amendemen kelima UUD 1945, Denty berharap ada regulasi kuat yang mengukuhkan kelembagaan DPD dan peran-peran strategisnya, terutama di bidang legislasi.

08 Oktober 2014
Kembali
LIVE STREAM